Menu

Mode Gelap
 

Berita · 16 Jun 2024 16:21 WIB ·

 Ketua Umum DPP LDII Ajak Umat Islam Bersatu dalam Berkurban


 Ketua Umum DPP LDII KH Crhiswanto Santoso Perbesar

Ketua Umum DPP LDII KH Crhiswanto Santoso

Padang, KabaPadang – Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso menegaskan pentingnya kurban sebagai manifestasi ketakwaan yang memupuk kesalehan sosial dan individual dalam masyarakat.

Menurutnya, kurban bukan hanya kewajiban bagi mereka yang mampu, tetapi juga untuk semua umat Islam yang ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Kurban bukan sekadar ritual, tetapi juga wujud ketakwaan yang menggerakkan kita untuk berbagi dan berbuat baik kepada sesama, tidak peduli dengan status sosial kita,” ujar KH Chriswanto.

DPP LDII mengajak seluruh anggotanya untuk melaksanakan kurban sesuai dengan kemampuan masing-masing. Di tingkat lokal, seperti kelurahan atau PAC LDII, mereka yang kurang mampu bahkan bekerja sama untuk menabung bersama demi membeli hewan kurban.

“Dari ketakwaan ini, muncul kesadaran untuk berbagi dengan tetangga atau siapapun yang membutuhkan,” tambahnya.

Menurutnya, kurban tidak hanya memiliki nilai ibadah, tetapi juga membangun kesalehan sosial yang pada akhirnya memperkuat persaudaraan umat Islam.

“Ukhuwah basariyah kita semakin kuat, tanpa memandang suku, budaya, atau ormas. Ini adalah modal sosial kita untuk membangun bangsa yang lebih baik,” jelas KH Chriswanto.

Dalam pelaksanaan Idul Adha tahun ini, DPP LDII telah menyiapkan lebih dari 3.700 lokasi salat di seluruh Indonesia. Tahun sebelumnya, lebih dari 47.341 ekor ternak dikurbankan oleh warga LDII, dengan dampak ekonomi yang signifikan.

“Kami optimis jumlah hewan kurban akan meningkat tahun ini, dan ini juga akan mendorong perputaran ekonomi bagi peternak dan petani,” ungkapnya.

Kesalehan sosial dan semangat berbagi dalam pelaksanaan kurban LDII tidak hanya mencerminkan nilai-nilai keagamaan, tetapi juga menjadi pilar utama dalam membangun solidaritas dan kebersamaan umat Islam di Indonesia.

Di Sumatera Barat, Ketua DPW LDII  Sumbar, Buya Afrizal Yaman, mengungkapkan bahwa target kurban tahun ini ditingkatkan dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, LDII juga aktif dalam kegiatan Tebar Qurban untuk membantu saudara yang terdampak bencana di Tanah Datar.

Baca juga : Kanwil Kemenag Sumbar libatkan LDII lakukan pengamatan Hilal Idul Adha

“Kami berkomitmen untuk menyelenggarakan kurban di Masjid Al Ikhlash Dusun Tuo Limo Kaum Batusangkar, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat yang membutuhkan,” kata Buya Afrizal Yaman.

Baca juga 

Dia berharap, bantuan ini dapat memberikan kekuatan moral kepada masyarakat Tanah Datar untuk bangkit dan pulih dari dampak bencana yang mereka alami.

“Semoga Allah SWT senantiasa melindungi Sumatera Barat dari segala bahaya dan bencana,” tutupnya.[Rel/KBP]

Baca juga berita lainnya Kabapedia Network di Kabapedia.com

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

KPU Sumbar Gelar Pemungutan Suara Ulang untuk DPD RI

15 Juni 2024 - 13:52 WIB

Dua PJU Polres Pessel Jalani Pemeriksaan di Polda Sumbar

15 Juni 2024 - 13:39 WIB

Polda Sumbar Gelar Bakti Religi Peringati HUT Bhayangkara

15 Juni 2024 - 13:26 WIB

LDII Sumbar Gotong Royong Hingga Galang Bantuan Bagi Korban Galodo

19 Mei 2024 - 15:06 WIB

LDII Padang Doakan Pj Wako Padang Sukses Jalankan Tugas

19 Mei 2024 - 06:20 WIB

Polda Sumbar Gerak Cepat Serahkan Jenazah Korban Banjir Bandang ke Keluarga

16 Mei 2024 - 15:55 WIB

Trending di Berita